Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penjelasan Mengenai Berbagai Jenis Musik Di Indonesia

A. JAZZ
Jenis musik ini dikembangkan pertama kali oleh orang orang Afrika-Amerika. Musik ini berakar dari New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir bad ke-19. Musik merupakan pembauran berbagai jenis musik, antara lain ,blues, ragtime, brass-band, musik tradisonal eropa, dan irama-irama asli Afrika. istrumen utama yang sering digunakan pada musik jazz adalah Piano,bass,drum,gitar,saksofon,trombon, dan terompet. Awalnya, jazz merupakan musik dansa perkotaan. Ketika digunakan dalam jazz,gitar berfungsi sebaga pemberi akor dan ritme tau berbagai pengiring belaka. Gitaris seperti Eddi Lang dan Lonny Johnson baru mulai memaikan melodi pada tahun 1930-an.
Salah satu ciri jazz adalah permainan improvisasi yang menonjol.para pemain jazz harus memiliki kemampuan improvisasi yang baik serta ditunjang dengan kemampuan memainkan tangga nada dan progresi akor pada semua nada dasar. Salah satu contoh improvisasi dalam jazz adalah penggunaan sinkopaso serta tangga nada yang sering kali bukan dari aktor yang dimainkan.
Improvisasi yang keluar dari bentuk musik diatonis justrumemeperkaya harmoni dan menambah keindahan mussiknya.
Komposisi musik jazz secara umum tidak menggunakan aktor-aktor mayor/minor atau dominan yang polos, melainkan menggunakan aktor-aktor yang lebih rumit serta alternasunya.Musisi Jazz juga terbiasa menggunakan substitusi akor terhadap berbagai proggresi dan populer sekitar pada tahun 1920.Namun, popularitasnya menurun seiring dengan jenis musik lain di indonesia, seperti rock dan pop. Musik jazz mulai lahir kembali dengan lahirnya musisi-musisi jazz, seperti Indra Lesmana, Idang Rasidi, Ivan Nestorman, Gilang Ramadhan, Syahrani, Ermi Kulit, dan Iga Mawarni.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar